July 18, 2019

Menghargai Diri Sendiri

Aku tuh sering banget kecewa sama diri sendiri dan kurang bisa menghargai diri sendiri, bahkan untuk hal-hal yang sangat sepele. Konon katanya ini karena aku ini golongan manusia perfectionist. Apa-apa maunya sempurna.

Beberapa hari yang lalu juga gitu. Jadi aku ini paling hobi bangun siang, biasanya habis solat subuh tidur lagi, lalu bangun lagi sekitar jam 8 atau 9. Iya ini kebiasaan buruk banget. 

Beberapa hari yang lalu aku sudah berhasil mengenyahkan rasa ngantuk. Aku mengerjakan ini itu untuk mengalihkan keinginan tidur lagi, tapi agak siang dikit aku kembali menghujani diri sendiri dengan kritikan. Gimana sih udah bagun pagi jam segini baru selesai juga, sama aja dong. Kok kebanyakan main hp aja sih, kalau bagun pagi tuh harusnya kerjaan rumah bisa selesai lebih pagi juga, dsb.

Lalu beberapa jam berikutnya aku sadar, harusnya aku nggak kayak gini. Harusnya aku focus pada pencapaian yang sudah kulakukan hari ini. Bukannya merasa kecewa dan mengkritik diri sendiri. Kalau kayak gini bisa-bisa aku malas bangun pagi lagi. Dan akan membuatku enggan untuk melakukan perbaikan.

Jadi saat itu juga aku focus pada hal-hal positif yang sudah kucapai. Aku sudah bangun pagi, aku berhasil nulis materi blog di pagi hari, kembali membaca buku melawan kemustahilan walau belum selesai. Setelah berpikir demian aku jadi sedikit lebih bahagia. Semoga selalu berpikiran positif ini bisa selalu kulakukan. Juga kebiasaan bangun pagi. Semoga semua itu jadi kebiasaan terus menerus. Aamiin. Doakan man-teman. 

No comments:

Post a Comment