April 21, 2014

The BFG: Big Friendly Giant


Judul: The BFG (Raksasa Besar yang Baik)
Penulis: Roald Dahl
Penerbit: GPU
Tebal: 200 halaman

Kali ini aku mau mereview buku anak terjemahan dari Inggris yang berjudul The BFG Raksasa Besar yang Baik. Buku ini bercerita tentang Sofie,  seorang anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan yang diculik oleh raksasa. Pada suatu malam sofie tidak bisa tidur, karena itu dia turun ke lantai satu dan mengintip ke luar jendela. Di luar jendela, dia melihat sosok tinggi besar yang berjalan-jalan. Iya, dia melihat raksasa yang mengintip ke dalam jendela kamar di setiap rumah. Tanpa Sofie sadari si Raksasa menyadari keberadaan Sofie meskipun jarak mereka sangat jauh. Karena tidak ingin diketahui keberadaan raksasa di dunia ini, si raksasa terpaksa menculik Sofie.

Sofie takut bukan kepalang karena si raksasa membawa Sofie ke dunia raksasa. Raksasa yang menculik Sofie sebenarnya baik, tapi karena dia tidak sekolah cara berbicaranya belepotan dan tidak sopan. Pada akhirnya Sofie dan BFG bersahat, sofie tidak takut lagi dengan BFG. Sayangnya BFG tidak hidup sendirian di dunia raksasa. Di dunia raksasa hidup 10 raksasa termasuk BFG. Raksasa yang lain lebih besar dan lebih menyeramkan dari si BFG. Selain si BFG semua raksasa memakan manusia. Dan semua raksasa ini memperlakukan BFG dengan buruk karena ketidakmauan BFG memakan manusia.

Sebarnya dari dulu si BFG ingin menghentikan para raksasa dari kebiasaan makan manusia, tapi dia takut dan tidak memiliki ide bagus. Namun berkat Sofie mereka memiliki ide cemerlang. Mereka memberi tahu ratu inggris mengenai raksasa-raksasa pemakan manusia melalui mimpi. Apakah pada raksasa ini berhasil diringkus? Penasaran? Baca sendiri ya.

Kalau menurutku buku ini bagus. Bisa dijadikan referensi bacaan anak. Di dalamnya diselipi pesan-pesan moral khusus untuk anak-anak. Meskipun menurutku pesan moralnya kurang banyak. Demikian review dariku semoga cukup.
Foto koleksi pribadi
Ditulis guna memenugi tugas PMS DL 21 April 2014.

No comments:

Post a Comment