December 16, 2016

(BELAJAR NGE-) REVIEW 5W1H BY YORIS BASTIAN

Ini janjiku sama temen2 instagram untuk membuat review tentang 5W1H yang ditulis oleh YORIS BASTIAN.
Buat kalian yang mau membuat usaha dan bingung mau membuka usaha apa, buku ini cocok banget buatmu. Karena di sini YORIS BASTIAN kasih kamu cara-cara untuk menemukan bisnis yang kamu banget.
Dari chapter who am I, yang akan membuatmu belajar untuk mengenali siapa sih sebenernya dirimu, apa sih passionmu, siapa orang-orang terdekat kamu, apa minatmu, apa yang kamu sukai, dll dll dll, pokoknya semua hal tentang kamu yang kemungkinan bisa berpeluang untuk dijadikan ladang bisnis.
Setelah kamu mengenali dirimu sendiri  what I'm offering akan membantumu untuk menemukan sesuatu yg bs kamu jadikan bisnis.
Masih ada beberapa chapter lagi di dalam buku ini yang bisa kamu jadikan pedoman untuk memulai bisnis. Buat kamu yang sudah punya bisnis pun sebenernya buku ini masih cukup membantu. Seperti aku misalnya, sudah punya usaha @bajupelangi dan @hijabnaziha tapi masih bisa memanfaatkan beberapa tips di dalam buku ini.
Menurutku buku ini sangat tipis tapi butuh waktu yang lama untuk membacanya, menurutku lho ya. Terutama di bab 1 dan bab 2, akan sangat susah untuk menemukan passion dan juga bisnis yang kamu banget kalau tidak direnungkan dengan baik. Dan menurutku perenungan yang baik Enggak butuh waktu yang sebentar.
Berdasarkan pendapat pribadi ku, aku sendiri mungkin akan sulit menemukan bisnis yang aku banget hanya berdasarkan chapter 1 dan 2 dari buku ini. Karena di sini tidak ditulis atau dijabarkan bagaimana caranya tetapi hanya memberikan contoh - contoh saja. Kalau aku sendiri menemukan passionku dan akhirnya aku format dalam bentuk bisnis yang aku banget bukan dari buku ini, tapi dari bukunya kakek Jamil Azzaini yang berjudul on. Menurutku untuk membaca buku ini di butuhkan buku yang lain sebagai penunjang. Kita nggak bs mengandalkan buku ini saja untuk menemukan passion dan usaha yang sesuai DNA kita.
YANG nggak aku suka dari buku ini adalah iklan Samsung Note 5 nya. Meskipun dilakukan dengan soft selling, dengan memberikan beberapa tips dan manfaat dari HP ini tapi rasanya tetep kurang pas. Semacam dipaksain "harus" ada di setiap chapter nya. Kenapa aku bilang "dipaksain harus ada?" karena tulisannya nggak bisa menyatu. Tips-tipsnya berdiri sendiri. Kalau "tips" Samsung Note 5  itu nggak ada atau diilangin nggak akan menganggu konten utama dari bukunya
Yang jelas membaca buku ini jadi membuatku ingin membaca Ulang bukunya Mas Jay yang buka langsung laris dan juga bukunya pak Jamil Azzaini yang ON.
Jadi selamat berburu 5W1H. Buat Mas yoris thanks sudah menulis buku yang bagus ini, semoga bermanfaat bagi setiap pembacanya

No comments:

Post a Comment