December 19, 2016

Review Acara Apiki: UMKM BANGKIT

Sabtu tanggal 16 December 2016 yang lalu aku ikut seminar yang diadakan APIKI Jogja yang berjudul UMKM BANGKIT 2017. Sengaja dateng telat karena malemnya kemaleman tidur gara-gara baca bukunya Meg Cabot (review soon ya). Jadi acaranya ini dimulai jam 8 pagi dan aku baru datang jam 10.00. Jam 8 aku baru bangun tidur (untuk yg kedua kali). Ampun Kakaaakk...
Sebenernya males juga datang tepat waktu karena 1 jam awal digunakan untuk regristasi dan beberapa jam kemudian digunakan untuk nyanyi indonesia raya (mungkin biar nasionalismenya ada ya, tapi bagiku ini kayak jaman sekolah pake nyanyi nyaji aja) dan juga sambutan-sambutan.
Jadi aku aku dateng passss banget, pas coffee break. Hahahaa.. Lalu masuk langsung pemateri pertama.  Sebenernya waktu pemateri pertama ini agak-agak under estimate sih. Mungkin karena aku belum mengosongkan gelasku kali ya. Jadi ada rasa sombong dan pikiran "gak gitu juga kalek”. Terutama ketika Pak Anto (beliau adalah ketua apiki pusat dan selaku pemateri pertama) bilang ke salah satu peserta seminar begini "tahun 2017 usahamu gulung tikar kalau masih jual dengan harga segitu". Kemudian ketika beliau bercerita ttg beliau yang ekspor barang-barang murah banget ke luar negeri dan di sana dijual dengan harga berkali-kali lipat.
Saat itu aku mikir "bukan seminar kayak gini yang aku cari. Bukan seminar yang -menjual barang paling berkualitas dan paling murah yang bertahan di pasaran- yang aku cari. Tapi gimana caranya tetap bertahan dengan bisnis kita meskipun barang yang kita jual mahal."
Tapi ya sudahlah semua orang punya pengalaman sendiri-sendiri kan ya? Apalagi Pak Anto ini sudah malang melintang 30 tahun di dunia ekspor impor, dan perdagangan. Jadi insya allah yang beliau katakan ada benarnya.
Yang aku suka adalah di sesi terakhir. Saat barang-barang dagangan peserta seminar dikurasi atau dikasih penilaian sama kurator. Dan karena aku jualan fashion jadi kuratornya adalah pemilik magaria bu Diah. Aku ngefans sama beliau. Sudah sepuh tapi semangatnya masih juwarak. Semoga lain kali bisa ketemu dan bisa foto bareng. Semoga lagi, aku bisa sehebat ibu diah.
Selain ibu diah, fashion juga dikuratori oleh pak Anto. Dalam sekali liat beliau tau barang daganganku dijual pabrikan. Hahahaha... Beliau banyak ngasih masukan (ke aku sih enggak, bukan karena jualanku udah oke, tapi karena terlalu gak menarik kayaknya. Hahaha) ke yang lain. Di sesi ini, saya akui pak anto juga juwarak. Wawasan beliau tentang kualitas barang, proses pembuatan, dan juga standarisasi barang ekspor josss banget. Pokoknya kedua beliau ini keren banget.
Harapanku sih, semoga aku bisa banyak belajar dari Apiki. Semoga ada manfaatnya saya bergabung terutama dalam bidang jaringan dan kerjasamanya. Semoga lain kali aku juga bisa membuat produk yang juwarak. Aamiin.
See on the next review APIKI events.

No comments:

Post a Comment