November 25, 2013

Guruku


Kalau membicarakan tentang guru, entah kenapa aku selalu ingat guruku di kelas 4 SD, meskipun aku lupa namanya, namun aku masih ingat beliau. Bahkan aku masih ingat cara beliau berpakaian/style beliau saat mengajar. Memakai jarik dipadu dengan kebaya jaman dulu. Dengan gaya rambut selalu digelung dengan sangat rapi. (Setelah menuliskan ini, entah kenapa aku merasa sangat tua, mungkin karena guru jaman sekarang nggak ada yang berpakaian seperti ini).

Perawakan beliau yang kurus dan tidak terlalu tinggi, membuat beliau cocok mengenakan pakaian kebaya seperti itu. Beliau ke sekolah dengan sepeda onthel jaman dulu, (Damn, aku bener-bener tua) karena tidak terlalu tinggi Bu Guru tidak bisa mencapai pedalnya jika duduk di dudukan sepeda.

Aku tidak tau kenapa beliau sangat berkesan buatku. Mungkin karena beliau adalah sosok yang sangat keibuan, guru yang tidak pernah marah, namun bisa menjelaskan mata pelajaran ke murid-muridnya, entahlah aku sendiri tidak tahu. Atau mungkin karena ternyata beliau adalah teman dekat Budhe yang sudah kuanggap ibu sendiri, atau karena aku merasa pernah menjadi anak didik kesayangannya.

Bisa juga beliau sangat kuingat karena banyak hal yang berkesan terjadi selama beliau mengajar. Dulu waktu aku masih suka tinggal di tempat Budheku, ada seorang bapak-bapak bertanya padaku "sekolah di mana?" Aku menjawab pertanyaan bapak itu, lalu beliau bertanya lagi "siapa yang mengajar" kemudian aku menjawab lagi. Setelah itu Budhe, Pakdhe dan Bapak tersebut tertawa bareng, ternyata bapak itu adalah suami dari Bu guruku.

Pernah juga Bu Guru datang ke tempat Budheku, ternyata Bu Guru mau pinjam uang untuk mengemembalikan hasil tabunganku. Kata Bu Guru "Nabungnya cuma seikit-sedikit, sampe setahun ternyata kok banyak". Waktu itu aku menjadi murid paling rajin menabung. Saat itu aku baru tau kalau ternyata Budheku sangat dengat dengan ibu guruku. Katanya dulu mereka satu sekolah, pernah satu kos, dan kalau berangkat sekolah selalu barengan.

Saat ini beliau sudah meninggal dunia. Beliau meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di tanah suci. Aku tidak ingat beliau meninggal tahun berapa yang jelas beliau meninggal karena penyakit typus yang beliau derita. Semoga meninggal di tanah suci berarti beliau diterima di sisinya, semoga diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya. Semoga ilmu yang beliau berikan bisa kami manfaatkan dengan baik, sehingga bisa menjadi amal jariah beliau. Aamiin.

3 comments:

  1. serius mbak itu bu gurumu pake jarit n kebaya pas ngajar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius mbaak, aku juga nggak ingat betapa jadulnya, nyadar setelah nulis ini.

      Delete