November 18, 2013

Tentang Food Combining Itu Gampang

Yuhuuuu... Setelah mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari penulis yang bukunya kureview, aku berniat membuat celoteh untuk setiap buku yang aku baca. Kali ini aku mau mencoba berceloteh tentang buku Food Combining Itu Gampang karya @erikarlebang terbitan @penerbitmizan.

Aku belum lama tahu dan tertarik dengan food combining, sepertinya sejak beberapa bulan lalu saat adikku promosi padaku tentang metode hidup sehat yang katanya sesuai dengan sunnah rosul, Food Combining. Apapun yang sesuai sunnah rosul pasti bagus kan ya?

Nah di saat aku kebingungan butuh referensi itulah di pagi yang cetar membahenol @penerbitmizan mempromosikan buku Food Combining Itu Gampang karya Mas @ErikarLebang. Dan beberapa hari setelah itu aku pun menyempatkan diri ke Toga Mas untuk beli Food Combining Itu Gampang. Dan woalaa.. Ini dia wujudnya, nggak kalah kece sama diriku. Hentikan narsisnya Mbak (¬_¬")


Di awal buku Food Combining Itu Gampang berisi tentang apa pentingnya Food Combining dan juga apa yang salah dengan diet kita selama ini. Kemudian pembahasan berlanjut ke tipe-tipe makanan yang kita konsumsi, yang nantinya akan menentukan pola makan yang baik berdasarkan Food Combaining. Buku ini diakhiri dengan testimoni beberapa orang yang telah melakukan diet combaining.

Buat orang yang baru belajar tentang Food Combining sepertiku, menurutku buku ini sangat cocok, karena membahas hal mendasar yang perlu kita ketahui tentang Food Combining. Susunan buku dari awal sampai akhir juga mudah dipahami, dan bisa meyakinkanku bahwa diet ini cocok buat kesehatanku. ('▿^)♉

Tapi di buku Food Combining itu Gampang masih menimbulkan banyak pertanyaan entah akunya yang kurang teliti atau memang tidak tercantum di buku, kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang mana? Makanan seperti teh, coklat, kopi, bakso, mie ayam dan roti adalah makanan yang boleh dimakan seminggu sekali. Nah apakah itu artinya senin boleh minum kopi, selasa teh, rabu mie ayam dst, atau seminggu hanya boleh sekali makan/minum salah satunya? Lalu seandainya siang saya makan sayur dan karbo apakah sorenya saya boleh makan sayur dan protein? Jika boleh, berapa jam jarak yang harus dipenuhi?

Selain itu aku kurang suka dengan tataletak buku ini. Katakanlah aku orang dengan otak kiri yang lebih dominan, yang konon katanya suka dengan kerapian, buku yang dibuat rata kiri bukan justified bikin buku telihat acak-acakan, apalagi ada beberapa ornamen dalam buku atau kata-kata yang dibuat lebih besar dari font lain yang menjorok ke kanan atau ke kiri sehingga menurutku membuat buku ini tampak amburadul layoutnya. Mungkin ini kesengajaan biar terlihat beda dengan buku lain, tapi menurutku kurang Oke. 


Kemudian ukuran buku yang persegi membuatku tidak nyaman saat memegang buku untuk kubaca (bukan saat buku ditaruh di atas meja). Selain itu font yang digunakan jauh lebih besar dari font buku pada umumnya. 


Jarak antara tepi kanan buku dan tulisan paling kanan juga terlalu jauh. Font dan jarak tulisan dengan tepi kanan yang terlalu lebar memberi kesan "buku ini mau dibuat lebih tebal dari yang seharusnya". Sebenarnya sih tidak apa-apa dibuat lebih tebal dari seharusnya tapi dibuat lebih menarik dari ini, misalnya diperbanyak foto atau ada tambahan ilustrasinya. Jadi tidak ada kesan "asal lebih tebal". 

Tapi yang jelas kekurangan dari buku ini tidak membuatku menyesal mengeluarkan uang 46rb (setelah diskon dr toga mas) buat beli buku ini. tapi kalau nggak ada kekurangan itu aku nggak bisa berceloteh panjang lebar, dan buku ini nyaris perfect pastinya. Hahahaa..

Beberapa minggu mencoba food combining, rasanya susaahhh banget. Berulangkali cheating meskipun meskipun nggak parah, tapi tetep aja nggak bisa disiplin. Kadang nyicip daging, kadang nyuil buah setelah makan yang bukan buah. Aaaggghhhh. Gimana caranya supaya lebih disiplin dalam ber-food combining?

Nah segitu saja ulasan pribadi saya tentang buku ini. Semoga membuatmu pinisirin sama buku ini. Mari kita sehatkan badan dengan Food Combining. Thank Mas @ErikarLebang for writing this book, very helpful.

No comments:

Post a Comment