December 20, 2013

Smart Itu...


Assalamu'alaikum my blog reader! Dan selamat datang di blogku para dewan juri yang kece-kece *muji dulu sapa tahu bisa nambah nilai*. Di posting-an kali ini aku mau membahas tentang arti kata Smart menurut versiku. Posting-an ini memang sengaja aku tulis untuk mengikuti event yang diadakan oleh Emak gaul @windakrisnadefa dalam rangka #UltahBlogEmakGaoel yang ke-5. Selamat ultah Blog Emaaakk, tiap hari aja ultah, biar bagi-bagi hadiah teruuus. 

Oke langsung saja ya. Enjoy the show!

Kalau mendengar atau membaca kata smart yang terlintas di kepalaku adalah ide-ide brilian yang out of the box yang kalo kata anak gaul jaman sekarang nggak mainstream, yang belum pernah ada sebelumnya. Tapi out of the box-nya nggak sembarang asal beda, tapi berkonsep, ada tujuannya. Nah, biar lebih jelas simak nih contoh ide smart dan orang smart menurut versiku.

Contoh:
Apa sih yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata Senin? Pasti bete ya? Saking bencinya sama hari Senin nih, orang-orang bilang I hate Monday. Bahkan jargon ini sudah mendarah daging pada setiap orang. Mungkin karena semua aktifitas dimulai lagi di hari Senin. Saat hari Minggu (bahkan ada yang dari Sabtu) hari terasa santai, nggak perlu pusing dengan berbagai macam hal, yang ada cuma asyik, seneng dan membahagiakan. Segala kebahagian itu harus berakhir, ketika hari Senin datang. Coz it means harus berkutat dengan pekerjaan lagi, harus sekolah lagi, harus ngerjain tugas lagi, harus dandan cantik lagi, harus bangun pagi lagi, nyiapin sarapan pagi lagi, ketemu pelanggan bawel lagi, ketemu bos lagi, berpotensi dimarahin lagi, dan berbagai hal lain yang ngebetein. Pokoknya Aaagggrrrr banget deh sama hari Senin.

Etapi ada lho yang I love Monday. Serius ada! Nggak percaya? Mbak-Mbak dan Mas-Mas gaul yang biasa nongkrong di Hard Rock Cafe, love banget sama Monday karena di sana ada diskon 50%. Siapa sih yang nggak suka diskon? Meskipun di hari Senin pasti dijabanin deh.

I love Monday ini adalah salah satu trik marketing di Hard Rock Cafe. Trik bisnis ini sukses banget menggaet pasar, bahkan hari Senin menjadi hari paling ramai di Hard Rock Cafe. Smart banget nggak sih? Hari Senin yang biasanya dianggap sebagai hari yang menyebalkan dan ngebetein, justru ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang hobi nongkrong, karena pengen mendapatkan diskon dari Hard Rock Café. Orang kece dan orang smart pencetus I love Monday ini adalah Yonis Bastian.

Itu salah satu contoh ide smart menurut versiku. Kalau smart dalam tingkatan ekstrim sih, contohnya para ilmuwan penemu. Misalnya Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon, Andy Rubin penemu Android, Michael Faraday penemu listrik, Larry Page dan Sergey Brin penemu mesin pencari google, Gotlieb Daimler penemu mobil, dan masih banyak lagi yang nggak mungkin aku sebutkan satu-satu di sini. Gimana mereka nggak smart? Namanya saja penemu, dianggap sebagai pencetus, pembuat ide, sudah pasti idenya out of the box banget, mungkin pelum terpikirkan oleh orang yang lain. Dan seandainya ide mereka pernah terpikirkan oleh orang lain, tapi orang lain itu belum bisa mewujudkannya. Para ilmuwan penemu ini yang bisa mewujudkannya dalam dunia nyata. Kalau kamu nggak setuju sama pendapat bahwa para penemu ini smart, tolong bayangkan hidup kita tanpa penemuan mereka. Tolong bayangkan, tolong renungkan. *galak*

Kalau menururutku nih, smart itu nggak cuma asal out of the box, tapi di balik out of the box-nya itu ada alasan yang mendasari. Misalnya I love Monday alasannya supaya banyak yang datang ke Hard Rock Cafe, menciptakan google supaya orang lebih mudah mencari informasi, menciptakan telepon supaya komunikasi jarak jauh lebih mudah, dan lain sebagainya. Kalau cuma asal out of the box semua orang bisa, coba saja pakai celana dalam di luar seperti superman, itu out of the box juga tapi nggak smart.

Kalau ditanya apakah smart ini merupakan bawaan lahir? Kalau menurutku tidak juga. Memang sih terkadang IQ berpengaruh, namun IQ setinggi apapun kalau si pemilik IQ tidak mau belajar dan mengembangkan diri, pada akhirnya dia hanya akan menjadi mediocre bahkan mungkin tertinggal dan terlibas oleh yang lain. Apalagi jika dia sudah sombong dengan IQ-nya yang tinggi, pasti deh nggak bakalan ada ide baru yang nongkrong di kelapanya. Menurutku menemukan ide smart itu butuh perjuangan dan kerja keras. Hanya orang-orang yang nggak pernah berhenti belajar, selalu berinovasi dan haus akan pengetahuan yang bisa menemukan ide Smart. Menemukan atau menumbuhkan ide Smart itu butuh usaha terus menerus. Ide yang smart akan datang pada orang yang mau berproses, karena ide smart hanya mau datang ke orang-orang yang nggak kenal kata menyerah.

Aku yakin Yonis Bastian tidak begitu saja menemukan ide Smart I Love Monday, pasti ada proses panjang menuju ke sana. Dan para ilmuwan penemu nggak bakalan menemukan inovasinya jika mereka memutuskan berhenti belajar.

Dan kalau aku ditanya apa yang membuatku merasa smart? maka aku akan menjawab "kalau aku punya ide-ide segar yang beda dari orang lain apalagi kalau bisa bermanfaat dan pada akhirnya ditiru oleh orang lain, saat itulah aku merasa Smart." Salah satu yang bisa membuatku merasa smart adalah saat memenangkan give away #UltahBlogEmakGaoel ini. *hahahaha, ngerayu lagi*.

Demikian saja teman-teman dan Mbak Mas dewan juri, semoga cukup men-smart-kan. Aku undur diri dulu. *bow*
http://emakgaoel.blogspot.com/


"Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel"
Terdapat 838 kata

No comments:

Post a Comment