December 1, 2013

Susu itu Sehat, Yakin?


Nonton 360 di Metro TV yang sedang membahas susu kemasan, fakta bahwa sebenarnya manusia tidak membutuhkan susu seperti yang diiklankan oleh sufor kebanyakan. W.O.W. Sebenarnya aku sudah pernah mendengar ini sebelumnya bahwa manusia membutuhkan susu hanya seperti yang disunnahkan rasul yakni di bawah umur 2 tahun. Sapi menghasilkan susu, tapi itu adalah hak anak sapi, dan tidak untuk anak manusia.

Sekian puluh tahun kita yakin bahwa susu itu penting dan sangat dibutuhkan untuk tubuh. Bahkan sewaktu kecil aku sangat bangga ketika bisa angkat tangan ketika guruku bertanya "siapa yang pagi ini minum susu?" That such a kind of "yess aku lebih sehat dari anak lain". Bahkan ketika kuliah ketika perekonomian keluargaku nggak memungkinkanku mengkonsumsi susu tiap hari, aku sangat iri sama temanku yang selalu menyertakan susu dalam belanja bulanannya. Hahahaha.. Bodoh memang, kita telah dicekoki oleh sebuah mitos empat sehat lima sempurna selama puluhan tahun. Yang lebih mencengangkan lagi adalah kita begitu mengangung-agungkan itu, menjadikannya semacam gaya hidup, menjadikannya semacam patokan standar kemakmuran, padahal semua itu hanya hasil cekokan para pemegang saham industri susu. Yess that's the power of capitalism.

Semua adalah mitos yang selalu didengung-dengungkan oleh industri susu. Iya, kita semua memang korban kapitalisme.

Tahukah kamu bahwa hanya Indonesia, negara yang menyediakan susu untuk ibu hamil, susu remaja, susu anak, susu laki-laki, susu perempuan, dan juga susu ibu menyusui untuk konsumennya? Bahkan di negara Amerika, asal mitos lima sehat empat sempurna yang kita tiru itu hanya memiliki 1 jenis susu saja. Susu itu bisa dikonsumsi oleh siapapun, remaja, anak, orang tua, perempaun laki-laki, banci dan semuanya. Dan saking banyaknya peminat terhadap susu, di Indonesia dibuat susu bubuk, which is worst than susu cair.

Kita memang membutuhkan kalsium, tapi susu bukan sumber kalsium satu-satunya. Selain itu kalsium yang terkandung dalam susu bubuk yang sering kita konsumsi tidak menyebar ke tulang, kalsium itu justru mengendap dalam usus kita. Tidak banyak yang tahu juga bahwa susu hanya bisa di masak di bawah suhu 40 derajat celsius. Di atas itu kandungan zat gizi susu hilang. Dan tahukah kamu bahwa untuk membuat susu bubuk, susu murni dipanaskan dalam suku sekitar 200 derajat celcius?

Nah, masih berpikir bahwa susu itu sehat? Fufufufu.. (Copas dari iklan 3), Think again! :p

Ditulis entah kapan, baru sempat diposting 1 Desember 2013

2 comments:

  1. ini juga kereeeen! dari tulisan ini aku jd lebih sadar klo Islam itu benar2 mengajarkan kesederhanaan. iya kan? dg bgtu kan kita gak prlu membeli susu yg kebanyakan berharga mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya kita dikibulin industri sufor. Hahaha...

      Delete