November 7, 2023

Fix Mindset yang Bikin Galau

Akhir-akhir ini aku sedang kecanduan baca webtoon, padahal kecanduanku sama drakor sudah mulai berkurang eehhh ini datang penyakit baru. Tapi nggak papalah, insya Allah aku bisa mengontrolnya. Sama kayak nonton drakor selain menghibur baca webtoon juga sering bikin galau, meskipun ceritanya happy ending.


Aku pernah cerita di sini tentang kegalauanku ini, tapi saat itu aku belum bisa memahami dengan benar sebenarnya apa yang membuatku galau. Setelah membaca buku Mindset (karya carol s. Dweck ph.d.) aku baru tau kenapa cerita-cerita itu bikin galau, yaitu karena itu adalah cerita tentang takdir yang tidak bisa diubah (fix mindset). Kalau webtoon atau dramanya bercerita tentang takdir yang bisa diubah nggak begitu bikin galau.


Webtoon yang membuatku sadar akan hal ini adalah webtoon "The Summer of Us".  Bercerita tentang pertemuan kembali dua sahabat setelah terpisah selama 9 tahun. Seperti aku bilang ini adalah cerita tentang "takdir yang tidak bisa diubah" tetang seorang laki-laki yang bucin setengah mati sama teman perempuannya yang sangat cantik. Aku bahagia karena mereka berakhir dengan happy, namun juga dibuat galau karena ada semacam pesan tersirat bahwa "dicintai setengah mati oleh seorang laki-laki hanya terjadi pada perempuan yang sangat cantik". 


Setelah membaca buku Mindset aku sadar bahwa ingin dicintai dengan bucin oleh seseorang adalah pola pikir fix mindset. Sebenarnya perasaan cinta itu bisa ditumbuhkan. Dan untuk mempertahankannya dan membuatnya menjadi langgeng dibutuhkan dua orang untuk BERUSAHA menjaganya. Dicintai itu bisa terjadi sama siapa saja dan untuk dicintai dengan sangat itu juga butuh usaha, tidak hanya diam dan cinta akan datang dengan sendirinya seperti yang ada di novel, drama atau webtoon


Masalahnya adalah di webtoon atau drama jarang diperlihatkan "perjuangan" mendapatkan cinta itu. Cinta seperti "takdir" yang jatuh dari langit untuk tokoh perempuannya. Seolah-olah tersirat bahwa kita nggak bisa berbuat banyak akan "takdir" tersebut (lagi-lagi fix mindset). Di dunia nyata, kebanyakan kita harus berjuang mendapatkan cinta itu. Dan ini nggak papa dan tetap membuat kita bahagia. 


Nah dalam hal ini aku sebenarnya lebih suka drama hollywood karena romansanya lebih realistis. Pesan yang tersirat dalam serial hollywood itu "dicintai dan mencitai adalah perjuangan dua belah pihak" bukan takdir yang tiba-tiba muncul tanpa kita melakukan apa-apa hanya karena kita cantik menawan mempesona.

No comments:

Post a Comment